Statistics Day 2015 : Merayakan Hari Statistik Nasional 2015 dan Hari Jadi Laboratorium SRK ke 9

IMG20151002194148Statistic day merupakan serangkaian acara dalam rangka memperingati national statistic day dan hari jadi Laboratorium SRK yang ke-9. National statistic day merupakan peringatan hari statistic nasional yang jatuh pada tanggal 26 September. Acara ini telah dilaksanakan dari dua tahun sebelumnya. Untuk statistic day pada tahun 2015, hanya dilaksanakan satu hari yaitu pada tanggal 2 Oktober 2015 dan tema yang digunakan adalah “Statistics Through The Time”. Hal ini dikarenakan bahwa tanggal 26 September jatuh pada hari Sabtu dan berdekatan dengan hari raya Idul Adha.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah photo contest, challenge dart, challenge roda putar dan statistic booth. Photo contest mulai dibuka pada tanggal 29 September 2015 dan dilaksanakan melalui Instagram. Statistic booth merupakan stand yang menampilkan segala sesuatu yang berhubungan dengan tema statistic day dan SRK. Dalam statistic booth terdapat beberapa alat praktikum yang digunakan di SRK, lalu juga terdapat dekorasi mengenai kumpulan foto dari seluruh keluarga besar asisten SRK mulai dari asisten angkatan 2005-2013 dalam rangka merayakan hari jadi SRK ke-9. Selain itu terdapat challenge on the spot yang ada di statistic booth yaitu pelemparan panah dan roda putar.

Mahasiswa yang ingin mengikuti challenge harus meng-update mengenai statistic day. Sistem challenge pelemparan panah adalah dengan kumulatif skor papan dart yang terkena paling banyak akan mendapatkan hadiah. Dan juga challenge roda putar yang juga berhadiah makanan ringan dari SRK. Di statistic booth juga terdapat photo booth sebagai sarana pengunjung yang ingin berfoto di booth.

Acara statistic day ini disambut meriah dari mahasiswa-mahasiswi Teknik Industri. “Acaranya seru dan karena syarat untuk bermain dart serta lainnya harus update di social media, bikin banyak yang ngomongin”, kata Elisa Meiyer, mahasiswi Teknik Industri UB angkatan 2013. Selain itu acara ini juga sebagai sarana edukasi untuk mahasiswa.

“Acara Statistic day kali ini sangat menyenangkan. Serangkaian acara yang ada dikemas dengan menarik dan tetap edukatif. Dengan menyajikan foto beberapa tokoh statistic, yang mungkin selama ini saya hanya mendengar namanya saja , sekarang saya jadi tahu. Selain itu games yang ada di dalam nya juga sangat seru seperti permainan dart, roda putar dan lain-lain”, ujar Irma.

Untuk photo contest, dimenangi oleh Selvi dan telah diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2015. Khusus untuk lomba ini, hadiah yang diberikan berbeda dari challenge yang lain.

Picture1

 

Statistics Day 2016 : Peringatan Hari Statistik Nasional di Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas

medineww

Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September 2016, Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas mengadakan kegiatan “Statistic Day”  yang bertempat di Lab Srk. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja dari laboratorium SRK yang memiliki tujuan untuk lebih mengenalkan ilmu statistik dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan kepada para mahasiswa Teknik Industri.

Kegiatan Statistic Day tersebut diisi dengan berbagai macam permainan seperti dart, glass pong, serta menyusun puzzle yang dipandu oleh asisten saat para peserta bermain. Pada permainan tersebut, disediakan juga hadiah bagi para mahasiswa yang bisa menjadi pemenang. Selain berbagai macam permainan, pada kegiatan tersebut juga diisi oleh pengenalan tokoh-tokoh yang berjasa di bidang statistik serta pengenalan peralatan-peralatan penunjang praktikum maupun penelitian di lab. Para peserta  yang datang terlihat sangat antusias saat mengikuti kegiatan tersebut, hal ini dapat dilihat dari ramainya lab SRK saat acara sedang berlangsung.

“Kegiatan ini sangat menyenangkan, dengan kegiatan ini kami bisa lebih meningkatkan rasa ketertarikan terhadap dunia statistik, dengan kegiatan yang menyenangkan sekali tentunya”, ungkap salah satu peserta terkait kegiatan statistic day ini.

Dengan kegiatan Statistic Day  ini, diharapkan para mahasiswa bisa lebih mencintai serta lebih tertarik terhada dunia statistik dan memiliki passion untuk melakukan penelitian-penelitian berbasis statistk dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di lab (BA/AL).

134988

 

Statistics Day 2017 : Perayaan Hari Statistik Nasional 2017

Stat Day 2017_180813_0064

Sebagai bentuk perayaan hari Statistik Nasional yang jatuh setiap tanggal 26 September, maka Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas (SRK), Teknik Industri, Universitas Brawijaya mengadakan Statistics Day yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2017 bertempat di Laboratorium SRK. Statistics Day pada tahun ini mengambil tema “FUNSTASTIC”.

Pada kegiatan ini , terdapat berbagai permainan yang terdiri dari golferdart, kartu, dan glass pong, serta cerdas cermat yang dikemas dalam bentuk rally games. Berbagai permainan ini memanfaatkan alat-alat penunjang praktikum yang ada di Laboratorium SRK. Selain itu terdapat statistic booth yang menampilkan tokoh-tokoh yang berjasa di bidang statistik, para alumni asisten SRK, serta pencapain dari Laboratorium SRK sendiri. Para mahasiswa Teknik Industri terlihat sangat antusias dengan adanya acara ini, terbukti dengan 174 orang mahasiswa yang datang.

Statistics Day ini sangat menyenangkan sekaligus dapat membuat kami semakin mengenal dan tertarik terhadap statistik dengan cara yang seru,” ungkap Qurrota A’yunin, salah satu mahasiswa yang datang ke Statistics Day.

Dengan adanya acara Statistics Day ini, para mahasiswa Teknik Industri diharapkan dapat memiliki ketertarikan dengan dunia stastistik dan melakukan penelitian-penelitian dengan metode berbasis statistik serta dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di Laboratorium SRK. (FPP/ASA)Stat Day 2017_180813_0082

 

Statistics Day 2018 : Peringatan hari Statistik Nasional di Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas

2018 1

Dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September 2018, Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas (SRK) menyelenggarakan kegiatan Statistic Day. Kegiatan Statistic Day merupakan salah satu program kerja yang rutin dilakukan setiap tahun. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mengenalkan sejarah, ilmu, dan tokoh di bidang statistik, serta profil Laboratorium SRK melalui kegiatan Statistic Day kepada pengunjung laboratorium.

Tema yang diangkat kali ini, yaitu “CINESTIC (Cinema in Statistic)”. Menurut Qurrota Ayunin atau yang akrab disapa ninin selaku koordinator acara, “CINESTIC” disini membahas mengenai 4 tema film, dimana setiap booth fokus kepada film tersebut baik dari segi dekorasi maupun games yang disajikan.

“Kegiatannya menarik, seru, dan bisa mendapatkan bermacam-macam hadiah. Selain itu kami lebih tahu tentang sejarah statistik dan lebih mengenal Sebagai awal dari rangkaian acara Statistic Day, Laboratorium SRK mengadakan lomba secara online yakni i-STATION (International Statistic Competition) yang diikuti oleh masyarakat umum baik dalam maupun luar negeri Lomba yang berlangsung selama 10 hari ini mendapat antusias yang cukup tinggi dengan terdaftarnya lebih dari 50 peserta.. Adapun yang menjadi juara pada I-STATION adalah Dhofirur Rohmanu Romadhon dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik sebagai pemenang pertama, David Gunawan dari Institut Teknologi Bandung sebagai pemenang kedua, dan Adam Khano dari Universitas Brawijaya sebagai pemenang ketiga. Adam Khano sebagai salah satu  pemenang lomba mengutarakan harapannya terhadap laboratorium SRK agar bisa mengadakan acara lomba yang lebih besar dan hadiah yang lebih besar lagi.

Pada acara inti yaitu perayaan Statistic Day yang bertempat di Laboratorium SRK, terdapat berbagai macam permainan, seperti dartpuzzle, lempar bola, dan lainnya. Selain itu, ada juga informasi mengenai sejarah, peralatan, dan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dari Laboratorium SRK. Setidaknya lebih dari 200 partisipan hadir dalam rangkaian Statistic Day ini, baik mahasiswa, dosen, maupun alumni.

Laboratorium SRK” ungkap Nasti salah satu partisipan di acara Statistic Day ini.

Bersama dengan acara Statistic Day ini, Laboratorium SRK juga melakukan soft launching untuk mobile  application  dari Laboratorium SRK. Ibu Debrina selaku kepala laboratorium menyampaikan “SRK Apps sebenarnya sudah direncanakan sejak saya bergabung di laboratorium, tahun 2016, akan tetapi akhirnya baru terealisasi di tahun ini. Disamping tantangan industry 4.0, dengan mobile application ini saya berharap SRK bisa lebih memberikan pelayanan prima kepada seluruh stakeholdernya”,

2018

Statistics Day 2019 : STATISTIC DAY 2019 DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI STATISTIK NASIONAL BERTEMAKAN BIG VARIANCE

 

WhatsApp Image 2019-10-02 at 15.17.01

Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas memperingati hari Statistik Nasional pada hari Kamis, 26 September 2019 dengan mengadakan annual event yaitu Statistic Day. Statistic Day merupakan acara open lab yang diadakan khusus untuk memperingati hari tersebut. Tema Statistic Day tahun ini adalah Big Variance, yaitu Big Data x Cultural Variance. Dimana, Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas memadukan kebudayaan Indonesia dengan industri 4.0.

WhatsApp Image 2019-10-02 at 15.17.10

Lebih dari 300 partisipan datang dan memeriahkan acara ini. Mulai dari mahasiswa hingga dosen dan staff Teknik Industri, Universitas Brawijaya. Acara dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Industri, Ir. Oyong Novareza, S.T., M.T., Ph.D dengan pemotongan pita secara resmi. Statistic Day terdiri dari serangkaian games yang dikonsep dengan menarik untuk memadukan kebudayaan Indonesia dengan big data, beberapa games tersebut adalah data migration, crack the culture, dan analytics stack. Pemenang tiap games akan diberikan hadiah berupa jajan-jajan ringan zaman dahulu.

 Khusus pada hari ini, mading Laboratorium SRK dihias untuk memeriahkan Statistic Day. Konsep mading kali ini adalah kepulauan Indonesia yang saling terhubung dengan adanya big data. Mading ini berisikan mengenai artikel yang menghubungkan budaya Indonesia dengan big data. Para asisten laboratorium serta ibu Debrina Pupita Andriani, S.T., M.Eng., selaku kepala laboratorium mengenakan pakaian tradisional seperti jarik dan blangkon untuk membuat nuansa lebih terasa kental kebudayaannya. Salah satu partisipan, Benedicta Shania Miranda Hendarto mengatakan “Statistic Day kali ini kreatif banget, karena temanya tentang budaya Indonesia dimana kita secara tidak langsung juga jadi mengetahui budaya-budaya lain yang ada di Indonesia. Asisten yang memandu tiap games juga seru banget, jadinya nggak awkward waktu main gamesnya”.

 Acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang kompetisi I-Station 2019. Yaitu Johannes Samuel Iskandar dari Institut Teknologi Bandung, Moh. Bayu Aji Prasetyo dari SMAN 1 Gambiran, dan Ellen Putri dari Universitas Negeri Malang. Dan yang tak kalah menarik, Statistic Day 2019 ini ditutup dengan grand launching SRK Apps. SRK Apps merupakan aplikasi terbaru dari Laboratorium Statistik dan Rekayasa Kualitas yang dibuat untuk mendekatkan dan memudahkan hubungan antara laboratorium dengan stakeholders nya. Lab SRK merupakan lab pertama di Teknik Industri yang memiliki mobile apps.

WhatsApp Image 2019-10-02 at 15.17.06